Persiapan Serta Informasi Pengeluaran Biaya Backpacker ke Korea

backpacker ke korea

Sejak K-fever masuk ke Indonesia, banyak orang yang tertarik dan ingin mengunjungi Korea Selatan. Mengingat tidak sedikitnya biaya yang harus dikeluarkan banyak juga yang mengurungkan keinginannya tersebut. Namun, Backpacker ke Korea bisa dijadikan salah satu alternatif jika ingin mengunjungi Negara ginseng tersebut.

Backpacker atau yang dikenal sebagai wisata beransel adalah cara berwisata tanpa kelompok tur, membawa barang seminimal mungkin atau yang dianggap perlu saja, dan tentunya biaya yang dikeluarkan cukup murah. Sebelum melakukan backpacker penting mengetahui tips-tips berikut ini.

Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Backpacker ke Korea Selatan

Sebelum melakukan backpacker ke negeri ginseng ini, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Mengingat ada syarat dan ketentuan jika seseorang ingin bepergian dari suatu negara ke negara lain. Berikut adalah hal yang perlu disiapkan untuk melakukan backpacker ke negara korea selatan.

1. Paspor (Passport)

Paspor adalah dokumen resmi yang berisi identitas pemegangnya untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Dokumen ini bisa dibuat di seluruh kantor imigrasi yang ada di Indonesia. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan membawa fotokopi KTP, Kartu Keluarga, dan juga fotokopi dan Akte Kelahiran asli karena nama pada paspor harus sesuai dengan akte.

Selain itu, bisa dengan cara mendaftar online di website resmi imigrasi setelah itu bisa langsung datang ke kantor imigrasi untuk melengkapi berkas, wawancara dan pengambilan foto.

2. Visa

Hal yang satu ini adalah salah satu hal yang penting sebelum melakukan backpacker ke Korea. Visa adalah izin yang digunakan sebagai tanda bukti boleh berkunjung yang diberikan oleh suatu negara kepada penduduknya untuk bisa mengunjungi negara lain. Jenis visa yang dipilih harus sesuai dengan tujuan melakukan perjalanan ke negara tersebut.

Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk membuat visa seperti paspor, formulir online, bukti pembayaran visa, pas foto, bukti keuangan, dan surat keterangan kerja atau sekolah/kuliah.

3.  Booking Penerbangan dan Akomodasi Penginapan

Sekarang ini, banyak aplikasi yang sangat membantu dalam memesan tiket penerbangan ke Korea dan akomodasi penginapan di Korea. Dengan membooking lewat aplikasi, ada pilihan harga yang bisa disesuaikan.

Pengeluaran untuk Backpacker ke Korea Selatan

Untuk melakukan suatu perjalanan tentunya ada pengeluaran atau biaya yang perlu di siapkan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir pengeluaran saat melakukan backpacker. Berikut ini adalah beberapa tipikal pengeluaran untuk melakukan backpacker ke negeri ginseng.

1. Penginapan

Ada dua jenis penginapan yang bisa dijadikan pilihan saat menginap di Korea nanti. Ada hostel dengan kamar berbentuk asrama yang memiliki harga berkisar 18$ permalam atau private room dengan kisaran harga 40$ permalam. Atau di hotel yang memiliki harga perkamar berkisar 40$-80$ per malam.

2. Harga Makanan

Restoran atau tempat makan di Korea biasanya memiliki harga sekitar 6000 – 9000 Won untuk sekali makan. Sedangkan untuk makanan halal yang ada di sekitar Itaewon berkisar 10.000  – 13.000 Won sekali makan.

Namun, ada alternatif lain jika ingin makan dengan budget murah yaitu dengan membawa bekal makanan mentah dari Indonesia atau memilih makanan pinggir jalan yang harganya hanya berkisar 1000 – 5000 Won.

3. Transportasi

Transportasi adalah salah satu hal yang diperlukan saat melakukan perjalanan. Tak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan di Korea Selatan karena sistem transportasinya sudah dikelola dengan baik. Untuk berkeliling bisa menggunakan bus atau subway.

Jika ingin berkeliling dengan bus cukup membayar dengan uang pas karena tidak ada uang kembalian. Jika ingin lebih praktis gunakan T-Money atau Seoul City Pass yang bisa digunakan sebagai pembayaran bus atau subway. Untuk harga tiket yang harus dibayar berkisar antara 1080 sampai 1800 Won.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan backpaker ke Korea. Ada beberapa pilihan juga dalam memilih penginapan, makanan, dan transportasi yang sesuai dengan budget masing-masing orang. Semoga informasi ini dapat membantu untuk melakukan bakcpaker ke negeri ginseng ini.

BACA LAINNYA :Jangan Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *