Bagaimana Cara Mengganti Template WordPress Secara Otomatis? Ini Dia Penjelasannya

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang berguna mempermudah user. Di seluruh dunia wordpress telah menguasai 60% pengguna CMS, itu artinya sekitar 30% pasar website menggunakan wordpress sebagai platrormnya. Hal ini karena sangat mudah penggunaannya dan cocok bagi pemula. Website anda ingin terlihat cantik tampilannya, telah tersedia berbagai macam tema atau template yang bisa anda pilih. Dan cara mengganti template wordpress pun sangat mudah, tanpa harus membutuhkan seorang yang ahli dalam pemograman.

Kegunaan Template WordPress

Anda memiliki website wordpress, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya template wordpress atau sering dikenal dengan wordpress themes. Pastinya anda sudah tau apa kegunaan dari template wordpress (wordpress theme), seperti yang sudah dibahas di atas. Yakni untuk menambah tampilan wordpress anda lebih menarik. Dengan cara mengganti template wordpress ini juga bisa menambah nilai fungsional dari segi layout wordpress, dan anda juga harus menyesuaikan tampilan template wordpress sesuai kebutuhan.

Cara Mengganti Template WordPress Secara Otomatis

Terdapat 2 cara mengganti template wordpress, yaitu secara otomatis dan secara manual. Dalam artikel ini akan dibahas cara mengganti template wordpress secara otomatis. Yakni anda langsung bisa mencari template dari wordpress dan dengan menambahkan lewat via dashboard wordpress. Perlu diingat juga gunakanlah template dari sumber yang dipercaya. Hal ini untuk mengantisipasi adanya template yang disisipi malware atau virus yang bisa sewaktu-waktu mencuri data website anda. Berikut cara mengganti template wordpress secara otomatis :

1. Login WordPress

Cara mengganti template wordpress secara otomatis yang pertama adalah anda harus bisa melakukan login wordpress. Caranya buka wp-admin atau nama domain di web browser selanjutnya masukkan username dan password. Tunggu beberapa saat dan akan muncul dashboard wordpress.

2. Pilih Menu Appearance

Dalam dashboard wordpress terdapat menu post, media, pages, comments, dan appearance. Anda bisa pilih menu Appearance dan akan muncul tulisan Themes, silahkan klik. Setelah halaman themes terbuka, anda klik Add New yang ada diatas. Kegunaannya adalah untuk mengganti tema atau template wordpress website anda.

3. Pilih Template Yang Anda Inginkan

Website banyak menyediakan template wordpress, mulai dari yang gratis da nada juga yang berbayar. Namun anda harus hati-hati dalam memilih template, pilihlah yang berasal dari sumber terpercaya. Template wordpress tersedia dari beberapa kategori. Seperti popular (banyak digunakan user), featured ( tema dengan memiliki variasi fitur), latest (tema yang terbaru), favorites (tema favorit). Dan feature filter yaitu (tema yang berdasarkan warna, layout, fitur, atau subyek). Anda bisa memilih template sesuai kebutuhan anda.

4. Mengaktifkan Template WordPress

Setelah anda menemukan tema atau template wordpress yang anda inginkan, anda bisa melalui kolom pencarian untuk memilihnya. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan template wordpress. Caranya pilih template yang akan anda instal, selanjutnya wordpress akan melakukan proses instalasi pada website anda. Untuk mencobanya terlebih dahulu template yang akan anda pilih, anda bisa klik pada bagian Live Preview. Apabila ingin mengganti template wordpress langsung anda bisa pilih atau klik Activate.

5. Tunggu Beberapa Saat Dan Template WordPress Telah Berhasil Diganti    

Setelah tadi anda memilih tema atau template yang diinginkan sesuai kebutuhan anda, tunggu beberapa saat dan template wordpress telah berhasil diganti. Untuk mengecek template yang baru anda pilih, anda bisa mengakses melalui domain anda. Cukup mudah bukan cara mengganti template wordpress secara otomatis? Tidak usah harus mencari orang yang ahli, anda pun bisa melakukannya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *