Ini Alasannya Lombok Jadi Destinasi Menarik

Keindahan alam Pulau Lombok sejatinya tidak kalah dengan Pulau Bali. Pulau Lombok kini menjadi sorotan publik setelah memenangkan dua penghargaan sekaligus dalam acara World Halal Travel Summit 2015 yang digelar di Abu Dhabi. Dalam acara tersebut, Pulau Lombok di daulat sebagai world best halal destination dan sebagai world best halal honeymoon destination.

Kenapa sih harus ke Lombok?

1. Pulau Lombok memiliki banyak Gili
Pulau Lombok dikelilingi pulau-pulau kecil yang disebut GILI. Ada tiga gili yang sangat populer di kalangan wisatawan yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Akan tetapi ada banyak lagi gili yang tak kalah indahnya seperti Gili Kondo, Gili Kapal, Gili Bidara, Gili Sulat, Gili Pasir, Gili Sunut, Gili Petelu, Gili Maringkik di wilayah Lombok Timur.
Di Lombok Barat juga tak kalah dengan pesona gilinya, di sini terdapat Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Layar, Gili Gede, Gili Asahan dan lainnya. Gili-gili di sekitar Pulau Lombok menyajikan keindahan pantai yang masih sangat alami. Untuk gili yang belum berpenghuni, para wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan sepuasnya.
Di gili anda bisa menikmati udara yang bebas polusi. Keindahan alam bawah laut di sekitar gili membuat para wisatawan betah melakukan aktivitas snorkeling maupun diving. Keindahan gili-gili di Lombok tak akan anda temukan di Pulau Bali.
2. Pulau Lombok memiliki Pantai Pink
Pulau Bali terkenal dengan Pantai Kuta yang dijadikan sebagai spot sunset. Pulau Lombok memiliki banyak pantai yang tidak kalah indah dengan pantai di Pulau Bali. Pulau Lombok memiliki pantai yang unik seperti Pantai Tangsi dengan pasir pink yang kemudian lebih populer dengan nama Pantai Pink Lombok.
Keberadaan Pantai Pink di Lombok menjadi salah satu ciri khas destinasi wisata pulau ini karena di Indonesia hanya ada dua pantai yang memiliki pantai dengan pasir pink yaitu di Lombok dan di NTT. Selain Pantai Pink terdapat juga beberapa pantai yang unik seperti Pantai Tanjung Aan dengan pasir seperti merica dan Pantai Tebing Lombok dengan kontur tebing yang sangat menarik.
3. Pulau Lombok masih alami
Keindahan Pulau Lombok masih sangat alami jika dibandingkan dengan Bali. Keindahan pantai, Air terjun, hutan, bukit masih jauh dari sentuhan modernisasi. Seperti karang-karang menakjubkan pada Keindahan pantai semeti, telawas dan pantai Munah. Atau Pantai segui, syurga tersembunyi di unjung lombok sana, dan masih banyak lagi. Pulau Lombok sangat cocok bagi anda yang ingin liburan tanpa ingin terganggu hiruk pikuk kesibukan perkotaan.

4. Kultur Lokal yang Menarik

Indonesia sudah terkenal akan budaya dan bahasa daerahnya yang sangat kaya. Di Lombok sendiri, suku aslinya dikenal dengan sebutan Sasak.

Di jalanan Lombok hampir setiap minggunya ada parade pernikahan dengan adat lokal yang diiringi musik asli Gendang Beleq dan tarian tradisional dan ada pula Festival Bau Nyale yang selalu meriah oleh warga lokal maupun para turis.

Di Lombok juga ada banyak sekali kerajinan tangan dan bangunan khas Sasak. Di Lombok juga banyak terdapat mesjid karenanya tidak heran jika Lombok disebut sebagai pulau 1000 mesjid.

Jika Anda naik pesawat saat berkunjung ke Lombok, maka akan terlihat mesjid-mesjid yang bertebaran dari atas pesawat.

5. Kuliner yang Nikmat

Jika Anda menyukai makanan yang pedas, kuliner khas Lombok akan terasa cocok di lidah Anda. Bahkan, dalam Bahasa Indonesia lombok itu berarti cabai, lho.

Namun jangan khawatir jika Anda kurang menyukai makanan pedas, masih ada pilihan lain yang bisa Anda coba.

6. Pulau Lombok memiliki Gunung Rinjani
Jika di Bali memiliki Gunung Agung dengan ketinggian 3.124 mdpl, Pulau Lombok memiliki gunung yang lebih indah yaitu Gunung Rinjani. Gunung Rinjani di Pulau Lombok merupakan salah satu gunung yang sangat populer di kalangan wisatawan domestic maupun mancanegara. Gunung Rinjani merupakan gunung api tertinggi ke-dua di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Jambi. Dengan ketinggian 3726 meter di atas permukaan laut, Gunung Rinjani menyajikan keindahan yang memanjakan mata para pendakinya.
Padang savanna yang luas yang menghijau indah di musim hujan dan eksotis kecoklatan di musim kemarau akan menemani langkah para pendaki. Para pendaki juga akan dimanjakan dengan keindahan danau Segara Anak setelah turun dari puncak Gunung Rinjani. Di Danau Segara Anak, para pendaki bisa memancing ikan dan berenang. Dengan pemandangan Gunung Baru Jari di dekat danau, suasana akan menjadi sangat berkesan. Danau Segara Anak menjadi lokasi hunting foto yang tidak boleh dilewatkan jika mendaki Gunung Rinjani. Pilih liburan ke Bali atau Lombok?

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *