5 Wisata Budaya Di Bali Yang Wajib Dikunjungi

wisata budaya di bali

Pulau Bali sudah dikenal di seantero negeri menjadi pulau dengan seribu wisata di dalamnya. Bahkan kepopulerannya pun sampai ke ranah mancanegara. Banyak jenis wisata di Bali. Wisata alam, wahana permainan, juga sejumlah wisata budaya yang menarik. Berikut apa saja wisata budaya di Bali yang wajib dikunjungi.

1. Pura Tanah Lot

Jika ingin tahu, wisata budaya di Bali yang cukup dikenal oleh para wisatawan salah satunya adalah pura tanah lot. Di kawasan Tanah lot sebenarnya ada 2 pura yang berdiri kokoh. Kedua pura tersebut berbatasan langsung dengan laut. Bahkan oleh warga sekitar pura tersebut digunakan untuk pemujaan kepada para dewa penjaga laut.

Panorama alam yang ditawarkan oleh Pura Tanah Lot ini sangat indah. Wisatawan tidak hanya dapat melihat panorama alam sekitar pura saja. Namun bisa juga melihat nuansa ombak laut yang begitu besar. Bahkan tempat ini sering dijadikan wisatawan sebagai spot terbaik untuk melihat matahari tenggelam.

2. Pura Luhur Uluwatu

Selain pura tanah lot, pura luhur uluwatu juga bisa dikatakan sebagai wisata budaya Bali yang cukup disenangi oleh wisatawan. Nyatanya pura ini punya kemiripan seperti pura tanah lot dimana sama-sama berada di sisi tebing berbatasan langsung dengan laut lepas. Pura ini letaknya ada di bagian barat daya bali.

Bagi masyarakat hindu, keberadaan pura luhur Uluwatu ini merupakan penyangga dari 9 mata angin. Mereka juga menamai pura ini sebagai pura Sad Kayangan yang menjadi nama lain dari pura tersebut. Rata-rata mereka berkunjung karena sebelumnya ingin mampir ke pantai Pecatu yang lokasinya tepat di bawah Pura ini.

Pantai Pecatu juga tak kalah terkenal karena menjadi tempat favorit peselancar kelas dunia. Oleh karenanya kedua tempat wisata tersebut bisa dibilang tak pernah sepi wisatawan.

3. Istana Tirta Gangga

Dulunya istana Tirta Gangga ini merupakan istana kerajaan. Tempat ini menjadi salah satu taman air yang dimiliki oleh kerajaan Karangasem. Maka tidak heran jika lokasi tempat ini kira-kira berjarak sekitar 5 kilometer dari timur Karangasem Bali.

Banyak pengunjung yang datang ke Istana Tirta Gangga untuk sekedar belajar sejarah kerajaan Karangasem. Di dalam lokasi tersebut terdapat semacam labirin kolam serta air mancur. Keduanya dikelilingi oleh taman yang indah dan rimbun.

4. Desa Panglipuran

Jika ingin melihat kebudayaan Bali yang masih asli, kunjungi  saja desa Panglipuran. Tempat ini merupakan desa adat yang di dalamnya punya arsitektur serta struktur yang unik. Bahkan desa ini punya prestasi yang bagus yaitu menjadi desa yang paling bersih.

Setelah masuk desa Panglipuran, pengunjung akan langsung disajikan dengan pemandangan kumpulan rumah adat Bali. Semua rumah tersusun rapi dan bersih dengan sentuhan budaya bali yang sangat kental. Awalnya desa ini hanya ditinggali oleh para seniman yang bertugas menghibur raja.

5. Candi Dasa

Satu lagi wisata budaya di Bali yang cocok untuk dikunjungi yaitu Candi Dasa. Lokasinya ada di wilayah Bali sebelah Timur. Tempatnya sangat tenang serta sejuk yang berasal dari hembusan angin laut. Bagi yang sedang ingin menikmati ketenangan dalam berlibur, tempat ini bisa dijadikan pilihan terbaik.

Letaknya yang jauh dari perkotaan, tidak membuat Candi Dasa ini menjadi tempat wisata yang kurang menyenangkan. Bahkan di tempat ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati suasana tenang saja namun sekaligus bisa melakukan wisata kuliner. Seperti beberapa makanan khas Bali yaitu mahi-mahi dan lain-lain.

Faktanya Candi Dasa memang tidak punya bibir pantai, yang biasa digunakan pengunjung bermain air. Namun tak perlu khawatir karena tak jauh dari lokasi candi dapat ditemukan sebuah pantai yang berpasir putih. Menariknya lagi pantai ini masih sangat minim dikunjungi wisatawan sehingga cukup sepi.

Itulah tadi apa saja yang termasuk wisata budaya di Bali. Bila ada kesempatan untuk liburan ke Bali sempatkan untuk mengunjungi salah satunya. Tentu dengan mempersiapkan dulu segala keperluannya, agar liburan menjadi lebih menyenangkan.

 

BACA LAINNYA : Kapan Waktu Terbaik Untuk Latihan Mengurangi Lemak Perut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *