Yuk ! Mari Mengenal CDN

Pengertian CDN

CDN ( Content Delivery Network )  adalah sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring content website kita. Dengan menggunakan CDN maka content web kita seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts akan di mirror di server cadangan yang terletak di berbagai negara.

Jadi dengan menggunakan CDN artinya content (image,css, video, custom script) akan di copy atau di mirror ke server lain, Misal : Kita memiliki website yang web hostingnya menggunakan di Indonesia, otomatis bila ada pengunjung dari China yang mengunjungi website kita, mereka akan kesulitan membuka website kita karena terbatas jarak dan speed international connection dari kedua negara. Dan bahkan mungkin bisa terjadi timeout

Dengan menggunakan CDN, meskipun server berada di Indonesia, bila ada pengunjung dari Amerika, maka bukan server indonesia ( tempat web kamu) yang melakukan response, melainkan server CDN yang berada di Amerika. Begitu juga bila ada pengunjung yang berasal dari EU, server CDN EU yg melakukan reponse ke pengunjung tersebut. Secara otomatis server CDN akan merespon dengan server yang terdekat dengan visitor.

Alhasil dengan penggunaan CDN ini, web kamu akan cepat di buka dari negara manapun, dan yang pasti quota bandwidth kamu di server asal akan sangat minim pemakaiannya. Efek lainnya adalah, website/blog kamu tidak akan membebani resources server shared hosting karena sangat ringan dan tidak menyebabkan overload.

 

Web Hosting Tercepat di Indonesia

 

Cara Kerja CDN

 Ketika klien mengunduh suatu halaman web, maka klien akan mengirimkan http request ke server yang dituju, dan kemudian server tersebut akan meresponnya dengan mengirimkan berkas-berkas yang diunduh. Kecepatan unduh tersebut tergantung dari beberapa faktor, salah satunya adalah jarak antara server dengan klien. Semakin jauh jarak server dari klien, maka semakin lama pula respon pengiriman. Begitu pula sebaliknya, semakin dekat jarak antara server ke klien, maka semakin cepat lah waktu unduh halaman web tersebut.

 

Fungsi CDN

 dalam hal ini adalah meminimalisir waktu unduh yang dibutuhkan oleh klien, karena CDN sendiri adalah jaringan server yang terletak di berbagai belahan dunia, oleh karena itu server yang terdekat dengan klien akan diprioritaskan untuk mengirimkan berkas yang diminta.

 

Kesimpulan

Begitulah kira-kira cara fungsi, cara kerja CDN. Oleh sebab itu, jika kita mempunyai website yang pengaksesnya dari luar negeri, atau yang servernya lemot maka sangat rekomendasikan untuk memakai CDN. Melalui CDN, website kamu bisa diakses dua kali lebih cepat bahkan bisa lebih. 

 

Internet Tercepat Di Medan !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *